BUR | Bank Usaha Rakyat

Logo Bur New

Seperti Apa Manajemen Keuangan yang Baik itu?

Gambar Manajemen keuangan

Manajemen keuangan adalah aspek penting dalam kehidupan individu dan perusahaan. Manajemen keuangan yang baik membantu mencapai tujuan keuangan, seperti kebebasan finansial, pembelian rumah, atau pengembangan bisnis.

Dalam artikel ini, kita akan membahas tentang pengertian, fungsi, tujuan, prinsip, dan tips manajemen keuangan.

Pengertian

Manajemen keuangan melibatkan perencanaan, penganggaran, pengelolaan, dan pengendalian dana individu atau perusahaan dalam aktivitas keuangan.

Pengaturan keuangan dapat diartikan sebagai proses pengambilan keputusan yang berkaitan dengan pengelolaan dana. Keputusan-keputusan tersebut meliputi:

  • Keputusan investasi: Keputusan untuk menggunakan dana terkait dengan membeli aset-aset penghasil pendapatan, seperti mesin, bangunan, atau saham, karena memiliki dampak signifikan pada portofolio investasi.
  • Keputusan pendanaan: Keputusan untuk mencari sumber dana terkait dengan membiayai investasi, seperti pinjaman bank, penerbitan saham, atau penerbitan obligasi, karena dapat mempengaruhi struktur modal perusahaan.
  • Keputusan pengelolaan kas: Keputusan untuk mengelola arus kas masuk dan keluar perusahaan penting, karena dapat memastikan likuiditas yang optimal dan kelangsungan operasional yang baik.
  • Keputusan alokasi dana: Keputusan untuk mengalokasikan dana ke berbagai aktivitas perusahaan, seperti produksi, pemasaran, atau penelitian dan pengembangan, adalah kunci strategis dalam manajemen keuangan dan dapat memengaruhi kinerja secara keseluruhan.

Fungsi Mengelola Keuangan

Pengelolaan keuangan memiliki beberapa fungsi penting, seperti perencanaan keuangan yang matang dan pengendalian yang efektif terhadap arus kas.

  • Memastikan kelangsungan hidup perusahaan: Melibatkan manajemen keuangan yang baik, membantu memenuhi kewajiban kepada kreditor dan pemegang saham untuk jangka panjang.
  • Meningkatkan profitabilitas: Manajemen keuangan yang efektif meningkatkan profitabilitas perusahaan melalui peningkatan efisiensi biaya, penjualan, dan pengembangan produk dan layanan baru.
  • Menjaga stabilitas keuangan: Pengelolaan keuangan yang baik menjaga stabilitas perusahaan, mengelola arus kas, dan menghindari risiko keuangan berlebihan.

Tujuan dari Mengatur Keuangan

Manajemen keuangan bertujuan mencapai target finansial perusahaan atau individu, yang meliputi:

  • Mencapai kebebasan finansial: Individu atau perusahaan mencapai kebebasan finansial saat tidak memiliki kewajiban keuangan yang harus mereka tanggung.
  • Membeli rumah: Membeli rumah adalah salah satu tujuan keuangan yang populer di Indonesia.
  • Mengembangkan bisnis:¬†Mengembangkan bisnis adalah tujuan keuangan yang populer bagi para pengusaha.

Prinsip

Dalam manajemen keuangan, aktifkan pengamatan terhadap beberapa prinsip, seperti pengaturan dana yang efisien dan evaluasi kinerja investasi secara berkala.

  • Prinsip kehati-hatian: Prinsip ini mengharuskan perusahaan untuk mengelola keuangannya dengan hati-hati untuk menghindari risiko keuangan yang berlebihan.
  • Prinsip produktivitas: Prinsip ini mengharuskan perusahaan untuk menggunakan dananya secara produktif untuk menghasilkan keuntungan.
  • Prinsip likuiditas: Prinsip ini mengharuskan perusahaan untuk memiliki likuiditas yang cukup untuk memenuhi kewajibannya dalam jangka pendek.
  • Prinsip fleksibilitas: Prinsip ini mengharuskan perusahaan untuk memiliki fleksibilitas dalam pengelolaan keuangannya untuk menghadapi perubahan kondisi ekonomi.

Tips Mengelola Keuangan

Gambar diambil dari Freepic

Untuk mencapai tujuan keuangan, individu atau perusahaan dapat memulai dengan perencanaan keuangan matang, pengaturan anggaran cermat, dan penerapan strategi investasi yang tepat.

  • Buatlah anggaran: Anggaran adalah rencana keuangan yang membantu individu atau perusahaan mengelola keuangan dengan lebih baik karena memungkinkan perencanaan yang terorganisir.
  • Ikuti anggaran: Hal yang paling penting dalam anggaran adalah untuk mengikutinya, karena hal ini memastikan disiplin keuangan dan mencapai tujuan keuangan yang telah ditetapkan.
  • Sisihkan uang untuk tabungan: Dana tabungan mendukung pemenuhan kebutuhan tak terduga atau pencapaian tujuan keuangan jangka panjang, sehingga memberikan keamanan finansial.
  • Kelola hutang: Manajemen utang yang buruk dapat memberikan beban keuangan yang berat, karena dapat mempengaruhi likuiditas dan kemampuan perusahaan untuk tumbuh.
  • Investasi: Investasi adalah cara untuk meningkatkan kekayaan jangka panjang, karena dapat memberikan pengembalian finansial yang signifikan.

Manajemen keuangan adalah ilmu penting untuk individu dan perusahaan. Dengan memahami dasar-dasar, individu atau perusahaan dapat mengelola keuangannya lebih baik dan efisien. Selain itu, hal ini mendukung pencapaian tujuan keuangan dengan lebih baik.

Kelola Uang dan Dapatkan Bungan dengan Sibunga? kenapa ngga?

Tabungan Sibunga adalah produk tabungan yang memberikan keuntungan kepada nasabah untuk menabung dan mendapatkan untung. Buka rekening tabungan sekarang?

Share:

satu Respon

Tinggalkan Balasan

Related Post