BUR | Bank Usaha Rakyat

Logo Bur New

Redenominasi Rupiah Dampaknya Terhadap Perekonomian Indonesia

rupiah

Redenominasi rupiah adalah salah satu kebijakan moneter yang dapat dilakukan oleh pemerintah untuk mengatasi inflasi. Dengan melakukan hal inii, pemerintah dapat mengurangi jumlah angka nol yang ada pada mata uang rupiah. Hal ini dapat membuat kemudahan menghitung rupiah dalam penggunaan transaksi sehari-hari.

Namun, hal ini juga memiliki dampak terhadap perekonomian Indonesia. Dampak tersebut dapat bersifat positif maupun negatif.

Apa itu redenominasi rupiah?

Adalah proses penggantian mata uang rupiah dengan mata uang baru dengan nilai yang lebih kecil. melakukan prose ini dengan cara menghapus beberapa angka nol dari mata uang rupiah.

Misalnya, jika redenominasi rupiah dilakukan dengan menghapus tiga angka nol, maka Rp1.000.000 akan menjadi Rp100.

Tujuan redenominasi rupiah

Tujuan utama redenominasi rupiah adalah untuk mengatasi inflasi. Inflasi adalah kenaikan harga barang dan jasa secara umum dan terus menerus. Inflasi yang tinggi dapat membuat mata uang menjadi tidak stabil dan sulit untuk digunakan dalam transaksi sehari-hari.

juga dapat bertujuan untuk mempermudah perhitungan mata uang rupiah. Dengan menghapus beberapa angka nol dari mata uang rupiah, maka perhitungan mata uang rupiah menjadi lebih mudah dan praktis. pemerintah sedang mengkaji stategi ini silahkan kunjungi www.kemenkeu.go.id

100
100

Dampak redenominasi rupiah

dapat memiliki dampak positif maupun negatif terhadap perekonomian Indonesia.

Dampak positif

Dampak positif antara lain:

  • Mengatasi inflasi

dapat membantu mengatasi inflasi dengan mengurangi jumlah uang beredar. Hal ini karena jumlah uang yang beredar akan berkurang seiring dengan penghapusan beberapa angka nol dari mata uang rupiah.

  • Mempermudah perhitungan mata uang rupiah

dapat mempermudah perhitungan mata uang rupiah. Dengan menghapus beberapa angka nol dari mata uang rupiah, maka perhitungan mata uang rupiah menjadi lebih mudah dan praktis.

  • Meningkatkan daya beli masyarakat

dapat meningkatkan daya beli masyarakat. Hal ini karena jumlah barang dan jasa yang dapat dibeli dengan satu unit mata uang rupiah akan meningkat seiring dengan penghapusan beberapa angka nol dari mata uang rupiah.

Dampak negatif

Dampak negatif antara lain:

  • Menimbulkan biaya penyesuaian

Kejadian ini dapat menimbulkan biaya penyesuaian, seperti biaya untuk mengganti uang lama dengan uang baru, biaya untuk mengubah data keuangan, dan biaya untuk mengubah dokumen-dokumen yang menggunakan mata uang rupiah.

  • Menyebabkan kebingungan masyarakat

Dampak lain dapat menyebabkan kebingungan masyarakat, terutama masyarakat yang tidak terbiasa dengan angka-angka besar.

  • Menyebabkan kenaikan harga

Dapat menyebabkan kenaikan harga, terutama harga barang dan jasa yang menggunakan mata uang rupiah sebagai unit satuan.

Waktu yang tepat untuk redenominasi rupiah

Waktu yang tepat untuk redenominasi rupiah adalah ketika inflasi sudah terkendali. Jika inflasi masih tinggi, maka tidak akan efektif untuk mengatasi inflasi.

Selain itu, memerlukan dukungan masyarakat. Jika masyarakat tidak mendukung , maka pelaksanaan akan menjadi sulit.

Kesimpulan

Redenominasi rupiah adalah kebijakan moneter yang dapat dilakukan oleh pemerintah untuk mengatasi inflasi. Namun, hal ini juga memiliki dampak terhadap perekonomian Indonesia, baik dampak positif maupun negatif.

Waktu yang tepat untuk melakukan hal ini adalah ketika inflasi sudah terkendali

Baca juga

Share:

Tinggalkan Balasan

Related Post