BUR | Bank Usaha Rakyat

Logo Bur New

Peluang Eksport (Penjualan Luar Negeri) Bagi UMKM Indonesia

ekport

Peluang Eksport (Penjualan luar negeri) bagi UMKM Indonesia terbuka lebar, UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) merupakan tulang punggung ekonomi Indonesia, dengan kontribusi sebesar 61% terhadap PDB dan 97% terhadap total tenaga kerja. Di tengah era globalisasi, peluang untuk menjangkau pasar global semakin terbuka lebar. Ekspor menjadi salah satu strategi penting bagi UMKM untuk meningkatkan skala bisnis dan mendongkrak pendapatan.

UMKM Indonesia memiliki potensi besar untuk mendunia. Artikel ini mengupas tuntas peluang ekspor bagi UMKM, termasuk negara tujuan ekspor utama, Pertimbangkan faktor-faktor dalam memilih negara tujuan, dan tips sukses eksport.

Baca Juga Menembus Pasar Global: Kiat Sukses UMKM Melakukan Ekspor

eksport
eksport

Negara Tujuan Eksport Utama UMKM Indonesia

Berdasarkan data BPS tahun 2023, berikut adalah 10 negara tujuan ekspor utama bagi UMKM Indonesia:

  1. Jepang: Menjadi negara tujuan ekspor utama dengan nilai mencapai USD 4,8 miliar. Produk unggulan yaitu produk elektronik, perikanan, tekstil, dan furnitur.
  2. Amerika Serikat: Berada di posisi kedua dengan nilai ekspor USD 4,2 miliar. Produk unggulan yaitu produk tekstil, alas kaki, produk kayu, dan kopi.
  3. China: Menjadi negara tujuan ekspor ketiga dengan nilai USD 3,7 miliar. Produk unggulan yaitu produk perikanan, produk elektronik, dan produk kimia.
  4. Singapura: Di posisi keempat dengan nilai ekspor USD 2,9 miliar. Produk unggulan yaitu produk elektronik, produk kimia, dan produk tekstil.
  5. Malaysia: Berada di posisi kelima dengan nilai ekspor USD 2,7 miliar. Produk unggulan yaitu produk kelapa sawit, produk kimia, dan produk tekstil.

Mempertimbangkan Faktor-Faktor dalam Memilih Negara Tujuan Eksport atau penjualan luar negeri

Memilih negara tujuan ekspor yang tepat merupakan langkah penting dalam strategi ekspor UMKM. memopertimbangkan faktor yaitu:

  • Permintaan pasar: Pelajari permintaan pasar di negara tujuan untuk produk yang Anda tawarkan.
  • Persaingan: Analisis tingkat persaingan di negara tujuan dan identifikasi keunggulan kompetitif produk Anda.
  • Regulasi: Pahami regulasi dan standar perdagangan di negara tujuan untuk memastikan kelancaran proses ekspor.
  • Biaya logistik: Perhitungkan biaya logistik dan pertimbangkan metode pengiriman yang optimal.
  • Kerjasama dan kemitraan: Jalin kerjasama dengan mitra lokal di negara tujuan untuk membantu Anda dalam hal distribusi, pemasaran, dan regulasi.

Tips Sukses menggarao Peluang Eksport Bagi UMKM Indonesia

Berikut beberapa tips untuk membantu UMKM Indonesia sukses dalam merambah penjualan luar negeri atau pasar ekspor:

  • Tingkatkan kualitas produk: Pastikan produk Anda memenuhi standar internasional dan memiliki daya saing.
  • Bangun branding yang kuat: Ciptakan merek yang mudah dikenali dan diingat oleh konsumen di negara tujuan.
  • Manfaatkan platform digital: Gunakan platform e-commerce dan media sosial untuk menjangkau pembeli global.
  • Ikuti pameran internasional: Pameran internasional merupakan ajang yang tepat untuk memperkenalkan produk Anda kepada calon pembeli dari berbagai negara.
  • Manfaatkan program pemerintah: Pemerintah Indonesia melalui berbagai lembaga seperti Kementerian Perdagangan, Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI), dan Badan Standardisasi Nasional (BSN) menyediakan berbagai program dan layanan untuk membantu UMKM menembus pasar eksport.

Kesimpulan

Peluang Eksport merupakan peluang besar bagi UMKM Indonesia untuk meningkatkan skala bisnis dan mendongkrak pendapatan. Dengan memilih negara tujuan ekspor yang tepat, meningkatkan kualitas produk, membangun branding yang kuat, dan memanfaatkan berbagai platform dan program yang tersedia, UMKM Indonesia mampu bersaing di pasar global dan berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi nasional.

Bank BPR Usaha Rakyat menyediakan produk ASTAGUNA WIRAUSAHA bagi para UMKM yang ingin memperluas pemasarannya.

Bagi UMKM yang ingin merambah pasar global, artikel ini menjadi panduan lengkap untuk memulai perjalanan ekspor Anda. Jangan ragu untuk menjangkau berbagai sumber informasi dan memanfaatkan program pemerintah yang tersedia.

Share:

Tinggalkan Balasan

Related Post