BUR | Bank Usaha Rakyat

Logo Bur New

Keuntungan Deposito Uang di Bank

uang saku & atm

Deposito adalah produk simpanan bank yang menawarkan suku bunga yang lebih tinggi daripada tabungan biasa. Deposito biasanya memiliki jangka waktu tertentu, mulai dari 1 bulan hingga 24 bulan. Berikut beberapa keuntungan deposito uang di bank, antara lain:

  • Bunga yang lebih tinggi
  • Fleksibilitas yang lebih rendah
  • Keamanan yang terjamin

Pada artikel ini, kita akan membahas keuntungan deposito uang di bank secara lebih rinci.

Keuntungan deposito

Bunga yang lebih tinggi

Salah satu keuntungan utama deposito adalah bunga yang lebih tinggi daripada tabungan biasa. Suku bunga deposito biasanya berkisar antara 4% hingga 6% per tahun, sedangkan suku bunga tabungan biasa biasanya berkisar antara 0,2% hingga 2% per tahun.

Perbedaan suku bunga yang signifikan ini dapat memberikan keuntungan yang besar bagi nasabah, terutama jika deposito memiliki jangka waktu yang panjang.

Baca Juga :

https://bur.co.id/perbedaan-tabungan-dan-deposito/

Fleksibilitas yang lebih rendah

Keuntungan lain dari deposito adalah fleksibilitasnya yang lebih rendah daripada tabungan biasa. Deposito memiliki jangka waktu tertentu, sehingga nasabah tidak dapat menarik dananya sebelum jatuh tempo.

Jika nasabah menarik dana deposito sebelum jatuh tempo, maka akan dikenakan biaya penalti yang biasanya berupa persentase dari total saldo deposito.

Keamanan yang terjamin

Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) menjamin deposito hingga Rp2 miliar. Artinya, jika bank tempat Anda menyimpan deposito mengalami gagal bayar, maka LPS akan menjamin pengembalian dana Anda hingga Rp2 miliar, Selengkapnya di https://lps.go.id/f.a.q#:~:text=Berdasarkan%20Pasal%2011%20UU%20LPS,per%20bank%20maksimum%20Rp100%20juta.

Jenis-jenis deposito

Ada dua jenis deposito yang umum ditawarkan oleh bank, yaitu:

  • Deposito berjangka

Deposito berjangka adalah jenis deposito yang memiliki jangka waktu tertentu, mulai dari 1 bulan hingga 24 bulan. Deposito berjangka biasanya memiliki suku bunga yang lebih tinggi daripada deposito on call.

  • Deposito on call

Adalah jenis deposito yang memiliki jangka waktu yang sangat singkat, yaitu minimal 7 hari. Deposito on call biasanya memiliki suku bunga yang lebih rendah daripada deposito berjangka.

Tips memilih deposito agar mendapatkan keuntungan deposito maksimal

Saat memilih deposito, ada beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan, antara lain:

  • Suku bunga

Pilihlah deposito dengan suku bunga yang paling tinggi sesuai dengan kebutuhan Anda.

  • Jangka waktu

Pilihlah jangka waktu deposito yang sesuai dengan rencana Anda. Jika Anda ingin mendapatkan keuntungan yang maksimal, maka pilihlah deposito dengan jangka waktu yang panjang.

  • Biaya penalti

Perhatikan biaya penalti yang dikenakan jika Anda menarik dana deposito sebelum jatuh tempo. Pilihlah deposito dengan biaya penalti yang paling rendah.

  • Fasilitas

Beberapa bank menawarkan fasilitas tertentu, seperti fasilitas ATM, setoran tunai, dan transfer.

Kesimpulan

Deposito adalah produk simpanan bank yang menawarkan beberapa keuntungan, antara lain bunga yang lebih tinggi, fleksibilitas yang lebih rendah, dan keamanan yang terjamin.

Namun, harap memperhatikan beberapa ketentuandeposito juga memiliki beberapa ketentuan deposito, seperti jangka waktu dan biaya penalti.

Dengan mempertimbangkan faktor-faktor di atas, Anda dapat memilih deposito yang tepat sesuai dengan kebutuhan Anda.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda.

Share:

Tinggalkan Balasan

Related Post